Rabu, 25 Mei 2011
Peminat Ilmu Komunikasi Meningkat Setiap Tahun
Ditulis Oleh : Administrator UIN

Sekertaris Jurusan Ilmu Komunikasi, Dra Auddah Mannan MAg
Flash FDK - Sudah menjadi harapan setiap mahasiswa jika nanti lulus kuliah bisa bekerja di berbagai instansi, baik swasta atau negeri. Nah untuk itu, memilih program studi (prodi) atau juga jurusan adalah langkah pertama menentukan masa depan.

Lantas jurusan apakah yang paling tepat untuk digeluti selama kuliah agar nanti tidak kesulitan mencari pekerjaan? Jurusan Ilmu Komunikasi (Ikom) di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar bisa menjadi salah satu pilihan.

Ilmu komunikasi (Ikom) berdiri sejak tahun 2007 dan berdasarkan surat keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Islam No.Dj. I /268/2011 tentang perpanjangan isin penyelenggaraan program sarjana (SI) program study ilmu komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi tahun 2011.

Menurut Sekertaris Jurusan Ikom UIN Alauddin, Dra Auddah Mannan MAg, Ikom adalah jurusan yang menghasilkan sarjana komunikasi dengan modal pengetahuan umum dan pengetahuan profesi komunikasi.

"Dengan bekal tersebut, lulusan Ikom UIN bisa membuka peluang karir yang lebih variatif, inovatif dan mandiri. Alumni juga mampu menciptakan konsep pemikiraan dan teori aplikasi untuk memecahakn permasalahan dalam prespektif komunikasi dan media," ujarnya.

Auddah menambahkan, program studi berbasis pengembangan ilmu komunikasi dan pusat kajian media dalam konteks budaya sehingga mampu mencetak SDM komunikasi yang kritis, kreatif bermoral, professional dan mandiri.

"Jurusan ini mengadakan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu komunikasi dan media untuk menciptakan SDM yang memahami asas-asas pengelolaan komunikasi dan media dalam konteks budaya," ujarnya saat ditemui di ruangannya.

Jurusan yang memasuki usia empat tahun ini berkembang cukup pesat. Setiap tahunnya memiliki peminat yang meningkat drastis. Hal ini terlihat dari data tahun 2008, ketika pertama kalinya membuka pendaftaran yang diterima sebanyak 57 orang dengan peminat ratusan orang.

"Memang setiap tahunnya Ikom selalu menempati jumlah peminat tarbanyak di Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Baru tiga angkatan tapi kami sudah memiliki mahasiswa 148 mahasiswa. Dan data peminat terakhir jurusan ini mencapai 300-an orang," jelas Auddah.

Lalu Untuk tahun ajaran 2011-2012 Ikom membuka pendaftaran melalui lima jalur yakni PMJK, SNMPTN, SPMB-PTAIN, UMB, dan UML.

Tentu kompetensi lulusannya juga mampu diberbagai bidang seperti memahami ruang lingkup dan konsep dasar komunikasi, mampu dan terampil dalam sistem manajemen komunikasi dan media, mahasiswa juga mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya dalam membuat suatu kebijakan dan mengelola suatu organisasi di tengah-tengah masyarakat.

"Para mahasiswa juga dalam menerapkan ilmunya mereka bisa bekerja diberbagai instansi baik swasta atau negeri, karena piar atau human reletion selalu dibutuhkan disetiap lembaga. Tak nya disitu para alumni juga yang ingin menggeluti dunia kewartawanan mereka juga mapu bersaing di media," papar Auddah.

"Untuk membantu kelancaran proses perkuliahan FDK menyiapkan berbagai fasilitas seperti laboratorium televise, radio, multi media dan desain grafis. Dan tenga pengajar dengan 10 dosen tetap dan dosen luar biasa yang kami datangkan dari UIN, UNM dan Unhas," kata Auddah

Tak hanya itu jurusan yang Ikom juga memberikan beasiswa bagi mahasiswanya seperti beasiswa depak, supersemar dan gubernur.

Meskipun terbilang jurusan baru tapi Ikom mampu beersaing dengan mahasiswa lain. seperti halnya saat ini Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FDK yang terpilih adalah Muh Fadli asal Mandar untuk masa jabatan 2011-2012. Nhovy

[ Kembali ]