Jumat, 27 Mei 2011
Prof Abustani Kaji Kelompok Mutaqaddimah dan Mutaakhirin
Ditulis Oleh : Administrator UIN

Prof Dr H Abustani Ilyas MAg
Flash FDK - Prof Dr H Abustani Ilyas M Ag mengatakan bahwa ilmu hadis sekarang ini telah banyak mendapat perhatian dan lahan kajian pada dua kelompok ulama besar yakni ulama mutaqaddimah dan mutaakhirin.

Keduanya memiliki ciri khas baik deri segi metodologi, pemahaman dan pengetahuan ilmiah. Hal ini disampaikan Prof Abustani dalam pidato pengukuhan guru besarnya di Gedung Auditorium Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Samata, Gowa, Kamis (26/5/2011).

Menurut guru besar ilmu hadis Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini kelompok pertama mengkaji aspek ilmiah yang mengkaji hadis secara praktis yakni ulama mutaqaddimin. Sedangkan kelompok kedua mengkaji aspek teoritis yang menciptakan istilah-istilah, merumuskan defenisi-defenisi dan menyesuaikan kaidah berdasarkan pengalaman ulama mutaqaddimin dalam aspek kritik.

Selain perbedaan itu, perbedaan substansial dan metodologis di antara mereka dalam jumlah besar adalah istilah-istilah dan problema kritik terhadap hadis.

Ulama Mutaqaddimin ini berhasil melahirkan sebagian referensi hadis yang memberikan gambaran yang jelas tentang aplikasi teori Ulumul Hadis. Sebagai bukti penyebarannya secara konsistensi mereka tidak menerima hadis atau yang beredar yang dikalangan mereka kecuali riwayat lisan secara langsung dan masa itulah fase periwayatan

"Orang yang bergelut dibidang hadis dan ilmu hadis harus memiliki kecerdasan dalam masalah hadis agar terhindar dari dampak negatif akibat bercampur-aduknya antara pengertian ulama mutaqaddimin dan ulama muta'akhirin," ujarnya saat menyampaikan pidato pengukuhannya. Nhovy

[ Kembali ]