» Profil
Visi " Menjadi pusat kajian dakwah yang berorientasi pada keunggulan akhlak dan akademik menuju kepeloporan peradaban Islam di Indonesia Timur."

Misi
  1. Sebagai pusat kajian dan pelatihan dakwah yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa komunikasi dan penyiaran Islam, bimbingan penyuluhan Islam, pengembangan masyarakat Islam, manajemen dakwah dan jurnalistik.
  2. Praktisi di bidang penyuluhan agama, kewartawanan, kehumasan dan pelayanan wisata religius

Jurusan dan Program Studi
  1. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI); dengan kualifikasi ahli di bidang tablig dan komunikasi Islam, baik melalui gambar, media cetak maupun audio visual dengan tekanan pada kemampuan public speaking, jurnalistik Islam dan Human Relation.
  2. Jurusan Bimibingan Penyuluhan Islam (BPI); dengan kualifikasi ahli di bidang psikoterapi Islam.
  3. Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI); dengan kualifikasi ahli di bidang penataan dan pengembangan masyarakat Islam.
    Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (KesSos); dengan kualifikasi ahli di bidang pelayanan dan kesejahteraan sosial.
  4. Jurusan Manajemen Dakwah (MD); dengan kualifikasi ahli di bidang dakwah dengan penekanan pada manajemen penelitian dan pelatihan dakwah serta pengelolaan sumber daya dakwah.
  5. Jurusan Jurnalistik; dengan kualifikasi ahli di bidang kewartawanan dan jurnalistik Islam
  6. Jurusan Ilmu Komunikasi; dengan kualifikasi ahli di bidang komunikasi umum dengan penekanan public speaking, dan human relation

Prospek Lapangan Kerja

Prospek lapangan kerja bagi alumni Fakultas Dakwah & Komunikasi semakin cerah dan sangat menjanjikan dengan diangkatnya 5000 tenaga Penyuluh Kementerian Agama secara bertahap. Di samping itu dengan terbentuknya kementerian Komunikasi & Informasi akan memberi akses kerja, khususnya yang terkait dengan kewartawanan dan kehumasan melalui media massa, terutama surat kabar.

Peluang lainnya mampu bekerja di BKKBN, KemenSos, KemeNaker, Kemendagri, Bidang Politik, Polri, TNI, Dosen/Guru, Wiraswasta, Muballigh dan lainnya.

Fasilitas
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau karena berada di tengah-tengah kota Makassar.
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Menyediakan berbagai fasilitas dalam menunjang keberhasilan Studi, diantaranya :
  • Gedung Kuliah yang memadai
  • Perpustakaan
  • Laboratorium:
    1. Studio Radio
    2. Studio TV
    3. Studio Fotografer
    4. Studio Grafis
    5. Percetakan
    6. Lab. Multimedia
  • Beasiswa
  • Kementerian Agama
    Supersemar
    Gudang Garam
    Mizan
    BI
    ICMI
    dan Maruki
  • Desa Binaan; yang diarahkan pada program pembinaan masyarakat dengan melibatkan Dosen, Mahassiwa dan SILA dari Kanada.

[ Kembali ]