Visi

Berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Nomor 213A  Tahun 2016:


Sebagai Pusat Kajian Ilmu Dakwah dan Komunikasi yang Integratif, Transformatif dan Kompetitif  Tahun 2025


  • Pusat Kajian Ilmu Dakwah dan Komunikasi dimaksudkan pada pernyataan visi Fakultas Dakwah dan Komunikasi tersebut adalah sumber rujukan dalam pengembangan dakwah dan komunikasi sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Integratif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran diintegrasikan seluruh disiplin ilmu yang memiliki keterkaitan antara satu ilmu pengetahuan dengan ilmu pengetahuan lainnya, terutama mengintegrasikan antara pengetahuan agama dengan pengetahuan umum.
  • Transformatif adalah segala upaya yang dilakukan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi untuk mentransfer ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (ipteks) yang berkaitan dengan pendidikan dan  pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan transformasi tersebut, fakultas mampu menghasilkan lulusan yang memiliki ilmu pengetahuan, menguasai teknologi dan memiliki sense of art yang mampu bersaing dalam bidang dakwah dan komunikasi. Transformasi ini merupakan turunan dari UIN Alauddin Makassar dan jawaban dari adanya tuntutan dalam era transformasi, modernisasi dan globalisasi. 
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi dalam proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menerapkan integrasi keilmuan dalam mengembangkan produk-produk inovatif yang kompetitif.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dakwah dan komunikasi Islam yang mencerahkan dan mencerdaskan.
  2. Mengembangkan kualitas akademik dalam bidang dakwah dan komunikasi Islam secara profesional.
  3. Mewujudkan sarjana dakwah dan komunikasi Islam yang memiliki kompetensi keilmuan dan akhlak mulia.


Tujuan:
  1. Terwujudnya keunggulan akademik dalam bidang dakwah dan komunikasi secara profesional yang dilandasi oleh akhlakul karimah yang dijiwai oleh al-Qur’an dan sunnah.
  2. Tercapainya potensi akademik mahasiswa yang berdimensi keilmuan dakwah dan komunikasi, serta mampu mengaktualisasikan dalam kehidupan masyarakat yang dilandasi nilai-nilai akhlakul karimah.
  3. Menghasilkan sarjana muslim yang ahli dalam bidang dakwah dan komunikasi, profesional, bertanggung jawab dalam mewujudkan masyarakat yang berperadaban tinggi yang dijiwai oleh al-Qur’an dan sunnah.
  4. Terjalinnya mitra kerjasama dengan lembaga lokal, nasional dan internasional sebagai wujud pengembangan tridarma perguruan tinggi di bidang dakwah dan Komunikasi.

Sasaran:
  1. Perekrutan sumber daya dosen yang kompeten di bidangnya.
  2. Strategi peningkatan daya tampung.
  3. Membuka jurusan baru dalam bidang Manajemen Haji dan Umrah
  4. Strategi pengembangan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, pemerintah pusat, propinsi, dan kabupaten/kota untuk meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Strategi peningkatan kesempatan yang adil bagi semua peserta didik melalui pemberian beasiswa sesuai dengan peraturan yang berlaku
  6. Peningkatan kuantitas dan kualitas row input mahasiswa melalui seleksi yang ketat.
  7. Strategi peningkatan kualitas karya ilmiah sehingga menjadi kontribusi yang signifikan dalam merespons berbagai tantangan, baik sekarang maupun di masa datang.
  8. Menyiapkan kurikulum yang dapat memenuhi tuntutan kemajuan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  9. Terciptanya suasana akademik yang menunjang lahirnya karya penelitian inovatif dan karya pengabdian kepada masyarakat yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan dakwah dan komunikasi Islam.